Rabu, 21 Januari 2009

Barack Obama...Bagaimana kiprahnya?

Kemarin adalah hari pelantikan Barack Obama sebagai presiden AS, menggantikan Mr. Bush, yang menjadi sorotan dan dinanti-nanti, bukan hanya bagi rakyat Amerika Serikat, tapi juga rakyat di dunia.
Saya termasuk orang yang menanti-nanti hari pelantikan ini, terutama menanti pidato Obama pada pelantikan tersebut. Karena biasanya, setiap presiden AS yang baru selalu menyampaikan pidato setelah pelantikannya.


Pada pelantikannya sebagai presiden di tahun 1933, Franklin D Rosevelt mengucapkan bagian dari pidatonya yang terkenal: "Satu-satunya yang harus kita takuti adalah ketakutan itu sendiri"
Pada pelantikannya di tahun 1961, John F Kennedy mengucapkan pidatonya yang juga sangat terkenal: "Jangan tanya apa yang bisa diberikan negara padamu, tapi tanyalah apa yang bisa kamu berikan kepada negara".
Pidato pelantikan periode kedua jabatan presiden oleh George Washington adalah yang tersingkat dalam sejarah Amerika. Pidatonya hanya 135 kata.
Sebaliknya, pidato pelantikan William Henry Harrison pada tahun 1841 adalah pidato terpanjang, 8.500 kata, memerlukan waktu 1 jam 45 menit. Saat Harrison dilantik, suasana hujan dan dingin. Dia tidak mengenakan mantel atau topi sehingga terserang flu. Sebulan setelah pelantikan, Harrison meninggal karena radang paru.
Begitulah pidato pelantikan presiden-presiden AS terdahulu. Bagaimana dengan pidato Obama?? Benarkah Obama benar-banar dapat membawa perubahan (change) seperti yang sering disebut saat masa kampanye kepresidenan? Memang, sewaktu 'inauguration speech' tersebut Obama tidak menyinggung masalah konflik palestina-israel yang santer akhir-akhir ini dan lebih banyak menyebutkan tentang krisis ekonomi yang terjadi di Amerika saat ini.

Namun menurut saya, bila dalam menjalankan tugasnya sebagai presiden Amerika nanti Obama masih tetap melanjutkan 'tradisi lama' Amerika yang pro-Israel, perubahan yang dijanjikan tidak akan terwujud...

Nah, bagi yang ingin mengetahui selengkapnya isi pidato pelantikan Obama dalam bahasa Indonesia, silahkan klik di sini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comments:

Entri yang Diunggulkan

Saling mengingatkan pada kebaikan

“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman ...